Sabtu, 19 Januari 2013

Pantai Molang (Molang Beach)

Alhamdulillah....akhirnya buka blog juga. Sebenarnya ingin sekali rajin untuk menulis tapi terkadang malas
buka lappy hehe. Sekedar mau sharing tentang tempat yang recomended buat dikunjungi sekedar buat refreshing :). Kali ini aku mencoba untuk sharing tempat wisata di kota asalku (Tulungagung Jawa Timur). Di Tulungagung sebenarnya lumayan banyak tempat wisata khusunya pantai karena Tulungagung sendiri terletak di pesisir Jawa timur bagian selatan. Dengar-dengar kurang lebih ada 10 pantai, sedangkan menurut situsnya Wikipedia ada 8 pantai, sedangkan yang aku tahu dan pernah mengunjungi hanya beberapa Pantai aja misalnya Pantai Popoh, Pantai Sine, Pantai Brumbun, Pantai Sidem, dan Pantai Molang. Dari beberapa pantai yang pernah aku kunjungi sementara yang meninggalkan kesan "wow" hanya pantai Molang.

Pertama kali ke Pantai Molang seingatku sekitar tahun 1996 bersama sepupu dan teman-temannya itupun aku masih duduk di bangku kelas 3 Sekolah Dasar. Kala itu terpesona sekali tetapi sayang beribu sayang tidak bisa main air karena ombak terlalu besar. Ya sudah diputuskan hanya untuk foto-foto di lokasi pantai saja. Kemaren mengawali tahun baru 2013 aku dan keluargaku sempat bingung untuk rekreasi kemana. Pada awalnya ada 2 opsi ke Malang tetapi terlalu jauh secara keponakan-keponakanku besoknya (tanggal 2 Januari 2013) pada masuk sekolah dan opsi ke Telaga Ngebel Ponorogo. Tapi setelah menimbang-nimbang jaraknya ke Ngebel dan ke Malang kurang lebih sama maka diputuskan aja bermain ke Pantai yang ada di sekitar Tulungagung dan pilihan itu jatuh ke Pantai Molang yang terletak di Kecamatan Pucanglaban yang berjarak 50 km dari Tulungagung.

Kurang lebih hampir 17 tahun kesana jadi ya hanya mengandalkan ingatan yang setengah-setengah hehehe lebay. Pukul 08.30 wib kami pun berangkat mengendarai mobil dengan rute Kedungwaru-Sumbergempol-Ngunut-Pucanglaban. Sampai di kecamatan Pucanglaban so far jalannya luamayan bagus, cukup nyaman dah pokoknya. Karena minimnya petunjuk ya sedikit-sedikit kami tanya ke penduduk setempat arah menuju Pantai Molang. Kurang lebih 10 km mendekati Pantai, jalan sangat tidak bersahabat benar-benar rusak aspal pun terlihat lobang-lobang dan berbatu dan disarankan untuk tidak ngebut dalam berkendara :) . Tempat penarikan tiket ke lokasi Pantai pun tidak seperti penarikan tiket karena tidak ada loket hanya ada portal yang kurang sempurna dan beberapa hansip. Kala itu tiketnya per orang Rp 5000,00 karena di Pantai ada orkes Dangdutan. Dalam benakku seandainya hari ini tidak ada orkes musik kemungkinan besar harga tiket lebih murah. Kurang lebih pukul

Kurang lebih 4 km dari Pantai tepatnya masih di atas perbukitan bisa melihat Pantai..kami hanya bergumam Subhanallah uindahhh buanget (gaya Tulungagungan). Terpesona melihat keindahan pantai ditambah ada kolam kotak-kotak dari atas. Sewaktu pertama kali Pantai Molang belum ada kolam yang dalam jumlah banyak, setelah dari dekat ternyata kolam-kolam itu adalah tempat pembudidayaan udang. Walaupun jalanan terjal terobati sudah waktu turun ke Pantai. Berhubung Pantai Molang adalah laut selatan dan laut lepas disana dilarang keras untuk bermain air ke tengah. dibibir pantai pun sudah dipasang Police Line dari tali rapia hehehe. Tetapi ada salah satu bagian yang kita diperbolehkan untuk bermain air. Berikut ini foto-foto yang bisa aku ambil memakai kamera HP karena kamera poket kami lagi tidak ada di rumah :( tapi fotonya Insya Allah bagus kok :)

Me and My Parents

My sister, My Mom, My cousin with her children



Deburan ombak yang cukup besar 

Karang-karang

Dari jauh dan terlihat Police Line dari rafia :)








2 komentar:

Unknown mengatakan...

keren nih nis pantainya ..
kapan2 ak diajakin kesana yaa ??

Unknown mengatakan...

Siyaaap :)
Ayo kapan....calling me kalo udah siap main hehehehe :)